Objek formal ilmu pendidikan

Objek Formal Ilmu Pendidikan
Objek ilmu pendidikan dapat dibedakan menjadi dua, peetama objek formal atau bidaang yang menjadi keseluruhan ruang lingkup garapan riset pendidikan, kedua objek material atau aspek-aspek yang menjadi garapan langsung riset pendidikan. Objek formal, ilmu berkenaan dengan bidang yang menjadi keseluruhan ruamg lingkup garapan sebuah ilmu, sedangkan objek material berkenaan dengan aspek yang menjadi garapan penyelidikan langsung ilmu yang bersangkutan. Sekelompok cabang ilmu mempunyai objek formal yang sama misalnya manusia, tetapi setiap cabang ilmu mempunyai objek material yang berbeda, misalnya antropologi mempunyai objek material asal usul, perkembangan dan ciri-ciri spesias atau ras manusia. Formal ilmu pendidikan adalah pendidikan yang dapat diartikan secara maha luas, sempit dan luas terbatas.
Pengertian maha luas, pendidikan sama dengan hidup. Pendidikan adalah segala sesuatu dalam hidup yang mempengaruhi pertumbuhan seseorang. Pendidikan dalah pengalaman belajar yang berlangsung dalam segala lingkungan hidup dan sepanjang hidup. Tujuan pendidikan terkandung dalam setiap pengalaman belajar. Tidak ditentukan dari luar. Tujuan pendidikan adalah pertumbuhan, tidak terbatas dan sama dengan tujuan hidup. Sedangkan pengertian sempit, pendidikan adalah persekolahan. Pendidikan adalah pengajaran yang diselenggarakan oleh sekolah sebagai lembaga pendidikan formal. Pendidikan adalah segala pengaruh yang diupayakan sekolah terhadap anak atau remaja yang diserahkan kepadanya. Agar mempunyai kemampuan yang sempurna dan kesadaran penuh hubungan-hubungan dan tugas-tugas sosial

  • Pendidikan adalah usaha sadar yang dilakukan oleh keluarga. masyarakat dan pemirintah, melalui kegiatan bimbingan, pengajaran dan latihan. Yang berlangsung disekolah dan luar sekolah untuk mempersiapkan peserta didik agar dapat memainkan peranan secara tepat dalam berbagai lingkungan hidup. Peendidikan merupakan perpaduan antara perkembangan pribadi optimal dan tujuan sosial dapat memainkan peranan secara tepat.

Posting Komentar

0 Komentar